Bangun Ruang Kubus

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Azza wa Jalla, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya.

Dalam penyelesaian makalah ini, penulis banyak mengalami kesulitan, terutama disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan yang menunjang. Namun, berkat bimbingan dan bantuan dari pihak lain, akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Karena itu, sudah sepantasnya penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis setiap saat.

Dengan segala keterbatasan penulis yakni bahwa makalah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun akan penulis terima dengan senang hati. Pada Akhirnya penulis berharap mudah-mudahan makalah ini bisa diterima dan bermanfaat bagi para pembaca.

Indonesia, Maret 2021

Penyusun

DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Bangun ruang disebut juga bangun tiga dimensi. Bangun ruang merupakan sebuah bangun yang memiliki ruang yang dibatasi oleh beberapa sisi. Jumlah dan model sisi yang membatasi bangun tersebut menentukan nama dan bentuk bangun tersebut. Misalnya: Bangun yang dibatasi oleh 6 sisi yang sama ukuran dan bentuknya, disebut bangun kubus. Bangun ruang ini memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  1. Memiliki 6 sisi yang ukuran dan modelnya sama.
  2. Memiliki 12 rusuk yang ukurannya sama.
  3. Memiliki 8 buah sudut yang sama besar (90o).
  4. Memiliki ukuran S x S x S.

B. Rumusan Masalah

Dalam makalah ini saya mencoba membahas beberapa masalah antara lain:

  1. Apa yang dimaksud dengan kubus?
  2. Sebutkan bagian-bagian kubus?
  3. Apa yang dimaksud dengan luas permukaan kubus?
  4. Apa yang dimaksud dengan volume kubus?

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Kubus

Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang berbentuk bujur sangkar. Atau Kubus adalah suatu bangun ruang yang dibatasi oleh enam buah sisi berbentuk persegi yang kongruen. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Kubus juga disebut bidang enam beraturan, selain itu juga merupakan bentuk khusus dalam prisma segi empat.

B. Sifat-sifat Kubus

  1. Memiliki 6 sisi yang ukuran dan modelnya sama.
  2. Memiliki 12 rusuk yang ukurannya sama.
  3. Memiliki 8 buah sudut yang sama besar (90o).
  4. Memiliki ukuran S x S x S.

C. Unsur-unsur Kubus

1. Sisi/Bidang

Sisi kubus adalah bidang yang membatasi kubus. Dari Gambar di atas terlihat bahwa kubus memiliki 6 buah sisi yang semuanya berbentuk persegi, yaitu ABCD (sisi bawah), EFGH (sisi atas), ABFE (sisi depan), CDHG (sisi belakang), BCGF (sisi samping kiri), dan ADHE (sisi samping kanan).

2. Rusuk

Rusuk kubus adalah garis potong antara dua sisi bidang kubus dan terlihat seperti kerangka yang menyusun kubus. Coba perhatikan kembali Gambar di bawah ini Kubus ABCD.EFGH memiliki 12 buah rusuk, yaitu AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, AE, BF, CG, dan DH.

3. Titik Sudut

Titik sudut kubus adalah titik potong antara dua rusuk. Dari Gambar tersebut, terlihat kubus ABCD.EFGH memiliki 8 buah titik sudut, yaitu titik A, B, C, D, E, F, G, dan H. Selain ketiga unsur di atas, kubus juga memiliki diagonal. Diagonal pada kubus ada tiga, yaitu diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal.

4. Diagonal Bidang

Pada kubus tersebut terdapat garis AF yang menghubungkan dua titik sudut yang saling berhadapan dalam satu sisi/bidang. Ruas garis tersebut dinamakan sebagai diagonal bidang.

5. Diagonal Ruang

Sekarang perhatikan kubus ABCD.EFGH. Pada kubus tersebut, terdapat ruas garis HB yang menghubungkan dua titik sudut yang saling berhadapan dalam satu ruang. Ruas garis tersebut disebut diagonal ruang.

6. Bidang Diagonal

Perhatikan kubus ABCD.EFGH pada di bawah in secara saksama. Pada gambar tersebut, terlihat dua buah diagonal bidang pada kubus ABCD. EFGH yaitu AC dan EG. Ternyata, diagonal bidang AC dan EG beserta dua rusuk kubus yang sejajar, yaitu AE dan CG membentuk suatu bidang di dalam ruang kubus bidang ACGE pada kubus ABCD. Bidang ACGE disebut sebagai bidang diagonal.

D. Jaring-jaring Kubus

Jaring-jaring kubus adalah bangun datar dari bukaan bangun ruang menurut rusuknya dan apabila dipotong menurut rusuk-rusuknya kemudian tiap sisinya direntangkan akan menghasilkan jaring-jaring kubus juga.  Jaring-jaring kubus terdiri dari enam buah persegi kongruen yang saling berhubungan.

E. Rumus-rumus Kubus

  1. Luas permukaanL=6.S^2
  2. VolumeV=S^3
  3. Diagonal sisi/diagonal bidangDs=S√2
  4. Diagonal sisi/diagonal bidang seluruhnyaDs_s=12.S√2
  5. Diagonal ruangD_R=S√3
  6. Diagonal ruang seluruhnyaD_(R_S )=4.S√3
  7. Luas bidang diagonal seluruhnyaB_(D_S )=6.S^2 √2
  8. Luas bidang diagonalB_D=S^2 √2
  9. Jumlah panjang rusuk12r

F. Contoh Soal

Diketahui volume sebuah kubus sama dengan 27 cm3 maka hitunglah:

  1. Panjang sisi kubus
  2. Keliling kubus
  3. Luas kubus

Pembahasan:

  1. Panjang sisi kubusV = 27 cm3Rumus Volume : Vol = S327 = S3Panjang sisi kubus adalah 3 cm
  2. Keliling kubusK = 12 x rK = 12 x 3 cm K = 36 cm
  3. Luas kubusL = 6 x S2L = 6 x 32 L = 6 x 9 L = 54 cm2

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang berbentuk bujur sangkar. Atau Kubus adalah suatu bangun ruang yang dibatasi oleh enam buah sisi berbentuk persegi yang kongruen. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Kubus juga disebut bidang enam beraturan, selain itu juga merupakan bentuk khusus dalam prisma segi empat.

Bagian-bagian kubus: sisi/bidang, rusuk, titik sudut, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal. Luas permukaan kubus adalah jumlah luas seluruh permukaan (bidang) kubus. Kalau sisi-sisi kubus direbahkan akan terbentuk jaring-jaring kubus, luas jaring-jaring kubus itulah yang merupakan luas permukaan kubus.

Rumus luas permukaan kubus L = 6 x S x S. Volume kubus adalah Untuk menyatakan besar suatu bangun ruang digunakan volume. Setiap Kubus mempunyai sisi yang sama panjang yaitu Panjang = Lebar = Tinggi. Rumus volume kubus V = S x S x S.

DAFTAR PUSTAKA

https://sites.google.com/site/kubusbangunruang/proses/jaring-jaring-kubus

http://vkkanamekuran01.blogspot.com/2013/08/luas-permuakaan-dan-volume-balok-kubus_1284.html

http://puteka85.blogspot.com/2012/09/rumus-luas-dan-volume-kubus.html

Download Contoh Makalah Bangun Ruang Kubus.docx

MOHON MATIKAN AD BLOCK
TERIMA KASIH