Makalah Pola Hidup Sehat

KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun ucapkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga Makalah Pola Hidup Sehat ini dapat diselesaikan dengan baik. Tidak lupa shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Rasulullah Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, dan kepada kita selaku umatnya.

Makalah ini kami buat untuk melengkapi tugas mata pelajaran . Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Makalah Pola Hidup Sehat ini. Dan kami juga menyadari pentingnya akan sumber bacaan dan referensi internet yang telah membantu dalam memberikan informasi yang akan menjadi bahan makalah.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan arahan serta bimbingannya selama ini sehingga penyusunan makalah dapat dibuat dengan sebaik-baiknya. Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan Makalah Pola Hidup Sehat ini sehingga kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi penyempurnaan makalah ini.

Kami mohon maaf jika di dalam makalah ini terdapat banyak kesalahan dan kekurangan, karena kesempurnaan hanya milik Yang Maha Kuasa yaitu Allah SWT, dan kekurangan pasti milik kita sebagai manusia. Semoga Makalah Pola Hidup Sehat ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya.

Indonesia, April 2022

Penyusun

DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kesehatan itu mahal harganya sehingga tidak seorang pun ingin sakit. Tetapi, sering kali penyakit datang dengan tiba-tiba hanya karena manusia lalai menjaga kesehatan. Tanpa disadari, terkadang pola hidup sehari-hari dapat menyebabkan seseorang jatuh sakit. Pola hidup sehat merupakan kebiasaan hidup yang berpegang pada prinsip menjaga kesehatan. Menjalani pola hidup sehat merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Ibarat orang dalam perjalanan dan menemukan persimpangan jalan, satu arah merupakan jalan yang terjal, berbukit-bukit dan jauh sementara jalan yang lain mudah dan lebih dekat, tetapi macet. Kebanyakan orang akan memilih jalan yang mudah meskipun jalan macet. Itulah gambaran manusia biasanya memilih yang mudah, makan yang serba enak, malas bekerja, tidur nyenyak dan malas bergerak. Orang yang memilih jalan hidup yang serba mudah dan tidak teratur dalam jangka panjang akan menjadikan orang tersebut menjadi tidak sehat, pemalas dan kehilangan jati diri karena hidupnya tidak disiplin dan tidak mampu mengendalikan diri.

Guru besar Pendidikan Jasmani dan Olahraga FIK UNY, Profesor Arma Abdullah, M.Sc., merupakan sosok yang patut diteladani karena beliau orang yang disiplin dalam menjalani kehidupan hingga kini pada usianya sudah lebih dari 80 tahun masih aktif bermain golf, pergi dengan membawa mobil sendiri, dan jarang sakit. Kunci hidup beliau adalah makan teratur, istirahat teratur, berolahraga teratur, dan tidak merokok. Guang (2002: 6) menyatakan bahwa 80% penyakit kronis yang menyerang manusia disebabkan oleh gaya hidup yang salah, dan 20% yang lain disebabkan faktor lain. Karena itu, menjalani hidup yang benar merupakan keharusan bagi tiap orang jika ingin hidupnya sehat dan bermanfaat bagi orang lain.

Sejak tahun 1954, organisasi kesehatan dunia WHO menggalakkan pendidikan kesehatan dengan tujuan untuk mengubah perilaku orang atau masyarakat dari perilaku tidak sehat menjadi perilaku sehat (Machfoedz, 2003: 5). Dalam UU No. 23 Tahun 1992 disebutkan bahwa kesehatan adalah keadaan sejahtera badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi (http://www.google.co.id/u.u.kesehatan). Dengan demikian, orang yang sehat tidak cukup hanya ditunjukkan oleh otot yang besar atau badan yang kekar, tetapi selain sehat secara fisik juga harus sehat secara rohani dan tidak mudah menderita gangguan jiwa. Beberapa tahun yang lalu, Human Population Laboratory di California Departemen of Healt menerbitkan daftar kebiasaan yang berkaitan dengan kesehatan dan umur panjang, yaitu mencakup olahraga yang teratur, tidur secukupnya, sarapan yang baik, makan yang teratur, kontrol berat badan, bebas dari rokok dan obat-obatan, dan tidak mengonsumsi alkohol (Sharkey, 2003: 15). Irianto (2000: 16) mengemukakan bahwa untuk mencapai kebugaran dan kesehatan, seseorang harus mengatur makanan, beristirahat secara cukup, dan berolahraga teratur. Dengan demikian, pola hidup sehat akan mencakup pola makan, menjaga kesehatan pribadi, istirahat yang cukup, dan aktif berolahraga.

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah pengertian pola hidup sehat?
  2. Apa saja macam-macam kesehatan?
  3. Apa tujuan dan manfaat pola hidup sehat?
  4. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat?
  5. Bagaimana langkah-langkah menjalani pola hidup sehat?

C. Tujuan

Untuk memberi tahu masyarakat tentang pentingnya menjaga pola hidu sehat, agar terhindar dari berbagai penyakit.

D. Manfaat

Untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan penulis sehingga dapat memperluas wawasan dalam hal pengetahuan tentang pola hidup sehat.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah upaya setiap orang yang ingin selalu sehat, yaitu dengan memperhatikan gaya hidup sehat agar tubuh selalu terhindar dari berbagai macam penyakit. Tetapi juga harus mempraktikkannya. Dengan pola hidup sehat, tubuh akan selalu sehat dan tampak segar serta bugar. Pada era modern seperti sekarang ini, banyak orang yang tidak menghiraukan kesehatan tubuhnya. Contohnya mereka yang masih di usia muda, yang semangatnya masih besar dan beranggapan bahwa tubuhnya masih kuat dan tidak bisa sakit. Padahal kita semua tahu bahwa penyakit bisa menyerang siapa saja, baik muda maupun tua. Contoh lain orang yang tidak menghiraukan kesehatannya adalah orang yang sibuk dengan pekerjaannya. Jangankan melakukan gaya hidup sehat, waktu untuk makan pun sering kali lupa.

Di Indonesia khususnya, terdapat berbagai isu-isu terkini mengenai pola hidup dimulai dari pola hidup sehat dan pola hidup tidak sehat. Pola hidup sehat didapat dari mereka yang memperhatikan keadaan tubuhnya, rajin berolahraga, makan dan tidur yang cukup. Berbalik dengan itu, yaitu pola hidup tidak sehat yang mana didapat dari mereka yang tidak memperhatikan keadaan tubuhnya, makan yang tidak seimbang dengan aktivitasnya merupakan salah satu contoh dari pola hidup tidak sehat, ditambah lagi dengan jarangnya olahraga yang dapat memicu obesitas.

B. Macam-macam Kesehatan

1. Kesehatan Jasmani

Yang dimaksud dengan sehat jasmani adalah orang yang berdasarkan pemeriksaan fisik, laboratoris, dan radiologik, tidak terserang penyakit atau tidak adanya kelainan-kelainan. Jasmani sehat juga termasuk indikasi hidup sehat alami. Cirinya antara lain: persoalan biologis dan fisiknya sehat. Biologis sehat jika jasmaninya sehat, seperti: pola makan dan kebiasaannya untuk mendukung kelangsungan hidupnya (bukan hidup untuk makan), manajemen tidur dan istirahatnya untuk mengembalikan tenaga, pembuangan kotoran dari tubuh, dan menjaga berat badan agar ideal. Fisik sehat jika jasmaninya sehat, seperti menjaga pernafasan agar baik, jantung sehat, otot lentur dengan gerak, dan tulang yang kuat dengan olahraga. Kondisi jasmani manusia sangatlah penting selama manusia masih hidup di dunia karena jasmani merupakan modal yang diberikan oleh Allah kepada manusia agar dapat menjalankan tugasnya sebagai khalifah di muka bumi ini dan juga agar manusia dapat berinteraksi dengan manusia lainnya. Jasmani inilah yang nampak secara jelas bahwa orang tersebut sehat atau tidak, karena sakit fisik akan cepat terlihat dari pada sakit rohani.

Untuk bisa menjaga kesehatan jasmani ini manusia harus tahu jam piket organ tubuhnya agar bisa tepat dalam mengambil langkah untuk menerapkan pola hidup sehat. Jam piket organ tubuh ini yang menentukan frekuensi kerja dari organ tubuh tersebut. Tidak hanya itu jam piket (jam biologis) ini pun menentukan pengaturan dan menentukan aktivitas kita dalam keseharian. Tetapi, tidak bisa dipungkiri juga bahwa sistem imun manusia sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Karena, kesehatan tubuh tergantung seberapa kuat sistem imun yang dimiliki di dalam tubuh, sistem imun ini yang mempunyai fungsi utama untuk menjaga kekebalan tubuh dari penyakit. Sistem imun merupakan sentral dari sehat tidaknya manusia. Jika sistem imun seseorang lemah maka ia akan rentan terserang penyakit dan kebal atau tidaknya sistem imun ini sangat berkaitan erat dengan jam piket organ tubuh. Pada jam-jam tertentu sistem imun ini akan mengalami naik turun. Sehingga, untuk menguatkan imunitas tubuh, maka perlu untuk mengetahui jam piket organ tubuh.

2. Sehat Rohani

Apabila psikologis (rohani) seseorang ingin sehat, maka orang tersebut harus menjauhkan diri dari stres, cemas, khawatir, waswas, gelisah hingga depresi dan putus asa. Orang yang psikisnya sehat biasanya suka memaafkan, suka memberi, dan senang berkasih sayang dengan sesama dan ketika bekerja dengan senang hati dan tidak menganggapnya sebagai beban, sehingga ia merasa bahagia dalam dirinya. Kebahagiaan ini lah yang menjadikan rohaninya sehat, karena tidak ada pikiran yang memberatkan jiwanya. Berikut merupakan ciri-ciri utama seseorang yang sehat rohaninya:

a. Memiliki Iman yang Menjadi Landasan Semua Sikap dan Tingkah Lakunya

Orang yang beriman akan memfungsikan imannya sebagai kendali kehidupan yang tetap memiliki martabat sebagai manusia mulia. Selain itu mereka juga memiliki sandaran kuat ketika mengalami badai krisis yang berat sekalipun.

b. Mampu Membebaskan Dirinya dari Penyakit-penyakit Hati

Penyakit hati yang sering menghinggapi manusia merupakan sumber gangguan mental. Yang termasuk penyakit hati, yaitu dengki, dendam, buruk sangka, pamer, sombong maupun tamak. Sifat iri hati memangsa kebaikan-kebaikan pelakunya karena si pelaku menghabiskan energi sibuk memikirkan persoalan orang lain dan berupaya agar nikmat pada orang lain tersebut lenyap begitu saja.

c. Mampu Beradaptasi terhadap Kenyataan

Dalam kehidupan manusia sehari-hari manusia berhadapan dengan berbagai kondisi ada yang menyenangkan dan ada pula yang tidak menyenangkan. Apabila ia mendapat kebahagiaan ia bersyukur dan apabila ia mendapat kemalangan ia bersabar. Ia selalu melihat nilai positif di setiap kemalangan yang menimpanya. Sementara orang yang tidak mampu beradaptasi dengan kenyataan pada umumnya memiliki mental yang labil selalu menyesali diri dan pihak lain dengan kondisi yang ada. Apabila mendapat nikmat ia sangat bahagia dan apabila mengalami kemalangan ia seakan-akan terpojok dan terhina.

d. Mampu Memperoleh Kepuasan dari Upaya Perjuangan Hidupnya

Dengan bekerja manusia memperoleh karunia dari Allah yang harus disyukuri karena setiap orang memperoleh sesuatu yang berbeda-beda sehingga kita tidak boleh merasa iri. Banyak orang yang tidak merasa puas dari apa yang telah diperolehnya dan selalu merasa kurang. Hal ini membuatnya tidak pernah bersyukur atas apa yang telah diperolehnya. Sikap iri hati pada bagian ini mendatangkan gangguan jiwa, rusaknya sendi-sendi moral dan agama karena hal itu seperti menolak apa yang telah diberikan Allah kepada kita.

C. Tujuan dan Manfaat Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus dan teratur, sehingga menjadi kebiasaan dalam gaya hidup dengan memperhatikan hal-hal yang memengaruhi kesehatan tubuh, baik dari konsumsi makanan dan minuman, olahraga, dan juga istirahat yang cukup. Pelaku pola hidup sehat akan selalu berusaha untuk setiap aktivitas dalam kehidupannya untuk selalu teratur dan seimbang dalam menjaga kesehatan tubuhnya.

Tujuan dari menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari tentunya untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Namun, selain mendapatkan kesehatan jasmani, dengan menerapkan pola hidup sehat kita juga akan mendapatkan sehat rohani yang stabil. Menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Bahkan, bila menerapkannya dengan cara yang benar, maka dampak positif yang dirasakan akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan dapat mencegah dari serangan berbagai macan penyakit, mulai dari yang ringan hingga penyakit yang kronis.

Menerapkan pola hidup sehat tidaklah sulit, dengan disiplin waktu kita bisa memulai menerapkan pola hidup sehat dari hal yang kecil terlebih dahulu. Berikut beberapa manfaat pola hidup sehat yang dapat dirasakan, di antaranya:

1. Tidur Lebih Berkualitas

Tidur yang berkualitas merupakan hal pertama untuk memulai pola hidup sehat. Tidur yang berkualitas membuat badan menjadi terasa lebih segar, sehat, dan bertenaga untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Istirahat yang cukup secara rutin akan mempengaruhi sistem peredaran darah dan juga fisik.

2. Hidup Menjadi Lebih Sehat

Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka secara otomatis akan banyak dampak positif yang akan dirasakan pada tubuh, karena makanan dan minuman yang sehat serta menghindari berbagai kebiasaan negatif, seperti merokok, begadang, dan sebagainya akan meningkatkan level kesehatan.

3. Hidup Lebih Seimbang

Penerapan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari secara otomatis akan membuat hidup menjadi lebih seimbang, di mana akan mempertimbangkan berbagai makanan dan minuman yang akan dikonsumsi atau tindakan yang akan dilakukan dengan dampak kesehatan yang akan dirasakan dimasa depan. Jadi, dengan sendirinya hidup akan jauh lebih teratur dan berada dalam jalur yang seimbang antara kesenangan dan kesehatan.

4. Berpikir Lebih Positif

Salah satu dari manfaat pola hidup sehat adalah saat tubuh sehat kita bisa berpikir positif, maka mood atau perasaan kita pun akan menjadi baik. Pada saat mood sedang drop, pikiran akan menjadi kacau dan juga akan menjadi lebih sensitif sehingga kurang maksimal dalam menjalankan aktivitas. Oleh sebab itu, dengan menjalankan pola hidup sehat, tentu saja nantinya akan membantu mood kembali naik sehingga pikiran juga akan menjadi positif dan akan memberikan keuntungan terhadap diri sendiri.

5. Mencegah Serangan Berbagai Penyakit

Yang paling penting dari menerapkan pola hidup sehat adalah untuk mencegah berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh. Hidup sehat harus dilakukan dengan memperhatikan pola makan, lingkungan dan berbagai hal lain yang dapat mempengaruhi kesehatan. Menjalankan pola hidup sehat secara rutin, maka secara langsung kesehatan juga akan dapat terjaga dengan baik.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan tubuh yang sehat, maka akan membuat tubuh menjadi lebih berstamina dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Tubuh yang sehat akan terpancar dari aura wajahnya, karena itu secara otomatis akan menambah rasa percaya diri baik saat harus berada ditengah-tengah keluarga ataupun ketika berhadapan dengan rekan kerja, ataupun dengan orang-orang dilingkungan sekitar.

7. Penampilan Lebih Segar dan Menarik

Menjalani pola hidup yang sehat akan membatu seseorang untuk memiliki penampilan yang lebih segar. Pola makan terjaga dengan baik, menjaga kebersihan lingkungan, rutin berolahraga akan menjaga penampilan alami dan menarik. Apabila setiap orang menerapkan pola hidup sehat secara teratur, makan bisa dipastikan bahwa setiap orang bisa merasakan manfaat dari pola hidup sehat. Maka dari itu, mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat dari sekarang.

D. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Hidup Sehat

Sakit adalah suatu keadaan dengan gangguan kemampuan individu memenuhi kebutuhan fisik, fisiologis, psikologis, dan sosial secara maksimal, untuk berfungsi secara tepat sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Biasanya, manusia baru menghargai kesehatannya bila menderita sakit. Di saat itulah terasa akan bahwa kesehatan adalah modal berharga untuk dapat hidup berkarya, berbahagia, dan bermartabat. Suatu kebiasaan yang kurang baik dapat mengganggu kesehatan individu atau masyarakat sekelilingnya. Apabila setiap individu menjaga kesehatan masing-masing berarti pula menjaga kesehatan masyarakat lingkungannya. Sedangkan menjaga kesehatan orang lain atau masyarakat berarti pula menjaga kesehatan sendiri. Tindakan mencegah kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan adalah jauh lebih sederhana daripada uang yang dibelanjakan untuk berobat.

Beberapa kebiasaan yang harus dijauhi karena dapat mengganggu kesehatan, antara lain minuman keras, narkotika, merokok di tempat umum, meludah di sembarang tempat, bersin dan batuk tanpa menutup mulut, dan mengudap.

1. Minuman Keras

Minuman keras adalah minuman yang mengandung etanol yang diperoleh dari hasil fermentasi bahan makanan dengan kadar antara 1-55%. Merupakan suatu produk yang dapat disalah gunakan sehingga berakibat merugikan dan berbahaya bagi kesehatan baik jasmani, rohani, maupun sosial.

2. Obat

Tiap obat mempunyai efek samping yang kurang menguntungkan. Bagaimanapun obat bergunanya, dapat mempunyai pengaruh yang tidak kita inginkan. Lebih-lebih bila dipakai untuk maksud yang tidak semestinya. Sekali masuk dalam darah, sukarlah untuk dapat dikeluarkan dai badan. Apalagi bila ada yang terdampar menyangkut pada jaringan tubuh. Ditambah lagi efek sampingnya yang menyedihkan.

3. Narkotika

Dewasa ini, penyalahgunaan obat-obatan amat cepat di Indonesia telat menjadi keprihatinan nasional yang semakin meningkat. Data yang diperoleh dari sebuah badan internasional menunjukkan bahwa 60% tindak kejahatan berhubungan dengan penjualan dan pemakaian obat-obatan terlarang. Jumlah pengguna narkoba yang aktif di Indonesia telah meningkat mencapai 100% dalam 10 tahun terakhir. Penelitian medis telah membuktikan bahwa 33% dari pengguna jarum suntik terinfeksi virus HIV positif dari 55% oleh virus Hepatitis C. Di dunia kedokteran dikenal adanya obat-obat tertentu yang dapat menghilangkan penyakit atau rasa sakit di tubuh. Ada pula obat tertentu yang dapat mempengaruhi sistem saraf yang sering kali menimbulkan perasaan yang menyenangkan dan berhalusinasi. Akan tetapi bila disalahgunakan dapat menyebabkan terjadinya maslah serius Karena mempengaruhi otak atau pikiran serta tingkah laku pemakainya. Selain itu, penyalahgunaan zat psikoaktif juga menyebabkan ketergantungan fisik yang lazim disebut sebagai ketagihan atau adiksi.

4. Rokok

Merokok dapat merugikan kesehatan. Bagi beberapa orang merokok itu nikmat, tetapi sebenarnya kenikmatan yang membahayakan. “Smoking or Health, the Choice is Yours”, sloga ini diperingati di seluruh Negara anggota WHO. Akibat buruk merokok, misalnya menimbulkan sakit jantung, sakit lambung, sakit batuk, selesma, dan kanker paru-paru. Berbagai macam penyakit jantung dan penyakit pernapasan dipacu oleh asap rokok. Nikotin dan tembakau merupakan sejenis cairan kental yang dikandung rokok menjadi penyebab utama terjadinya kanker paru-paru dan penyakit jantung. Apabila perokok mengisap asap rokoknya dalam-dalam maka “ter” akan mengendap dalam bagian paru-paru, juga akan masuk ke dalam darah. Ter akan menyebabkan perubahan pada selaput lendir atau permukaan sel paru-paru, lidah, tenggorokan, dan bibir. Perubahan tersebut lambat laun pada sebagian orang akan menjadi kanker.

5. Bersin dan Batuk

Bersin dan batuk, kuman dari paru-paru, hidung dan mulut berhamburan keluar bersama-sama ingus dan percikan-percikan ludah. Hal ini berarti menyebarkan kuman-kuman penyakit, lebih-lebih pada musim influenza. Influenza atau demam pilek adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Oleh karena itu, ketika kita akan batuk atau bersin segeralah menggunakan sapu tangan untuk menutupi mulut dan hidung untuk mencegah virus-virus tersebut berhamburan ke udara bebas. Setelah itu cucilah sapu tangan dengan sabun sampai bersih.

6. Mengudap atau Jajan

Mengudap di pinggir jalan mengandung banyak risiko. Debu-debu dan lalat yang hinggap pada makanan yang tidak ditutupi dapat menyebabkan penyakit terutama pada sistem pencernaan kita. Terlebih lagi dengan penggunaan alat-alat yang belum terjamin kebersihannya, hal inilah yang membuat kita sering terserang diare, tifus, dan penyakit lainnya. Aktivitas kerja yang tinggi dan olahraga berlebihan sering kali menyebabkan kelelahan. Terlalu sering menderita kelelahan, bisa mengganggu kesehatan hati dan memperberat kerja hati, sebab hati adalah pusat metabolisme tubuh. Kebiasaan jajan sembarangan juga bisa mengganggu kesehatan hati. Sebab salah satu fungsi hati adalah menetralkan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Makin banyak zat-zat itu masuk, makin berat pula kerja hati. Jajan sembarangan juga mempertinggi risiko terkena virus hepatitis.

E. Langkah-langkah Menjalani Pola Hidup Sehat

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai. Kesehatan individu atau diri sendiri dapat terwujud apabila seseorang menjaga kesehatan tubuh. Bagaimana gambaran orang yang hidup sehat? Pagi-pagi bangun tersenyum. Berbahagia menyongsong hidup tiap hari. Penuh rasa terima kasih dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Betapa tidak! Tak terbatas dapat menghirup udara segar, makanan lezat bergizi, berjumpa dengan teman-teman di sekolah. Selalu hadir dan ikut aktif pada tiap kesempatan. Berolah raga, latihan kesenian, widyawisata menambah pengetahuan, dan kegiatan yang menguntungkan. Pendeknya karena sehat, maka diri penuh gairah hidup dan kesegaran serta kondisi tubuh yang lebih dari biasanya.

Giat dengan aktivitas yang berguna adalah cara terbaik menikmati hidup. Dan agar semuanya berjalan dengan sempurna, kondisi tubuh pun harus dijaga dengan baik. Hidup sehat dan segar tidak datang dengan sendirinya. Sehat itu harus diusahakan. Di dalam menjaga kesehatan, tubuh kita harus memperhatikan hal-hal seperti berikut:

1. Mandi Dua Kali Sehari

Alasan utama ialah agar tubuh sehat dan segar bugar. Mandi membersihkan seluruh tubuh kita. Urutannya adalah sebagai berikut.

Seluruh tubuh kita cuci dengan sabun mandi. Oleh buih sabun, semua kotoran dan kuman yang melekat mengotori kulit lepas dari permukaan kulit, kemudian tubuh kita siram bersih-bersih. Seluruh tubuh kita gosok hingga keluar semua kotoran atau daki. Kita keluarkan daki dari wajah, kaki, dan lipatan-lipatan. Gosok terus dengan tangan, kemudian seluruh tubuh disiram sampai bersih dari daki. Dengan demikian, kulit serta pori-pori bersih dan tidak tertutup atau tersumbat kotoran lagi. Kulit dapat lancar lagi mengeluarkan kotoran di badan berupa keringat. Badan tidak bau badan. Mana mungkin bau badan bukankah kotoran sudah dibuang dengan mandi paling sedikit dua kali sehari. Apabila kita mandi teratur dua kali sehari, tidak mungkin bau badan.

2. Tidur yang Cukup

Banyak sekali yang mempunyai aktivitas yang banyak yang terkadang lupa dan tidak menghiraukan waktu istirahat kita. Bila kita mempunyai pola tidur yang berantakan seperti tidur yang terlalu larut malam dan harus bangun pagi-pagi untuk bekerja. Padahal apabila kurang istirahat dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi. Sebaiknya apabila istirahat kerja di siang hari paling tidak kita bisa tidur sejenak selama 20 menit agar pikiran kita bisa segar kembali. Tetapi kita harus bisa menata pola tidur kita yang baik supaya tidur bisa tepat waktu dan juga kan menyehatkan tubuh kita. Tidur yang cukup diperlukan oleh tubuh kita untuk memulihkan tenaga. Dengan tidur yang cukup, kemampuan dan keterampilan kita meningkat. Susunan saraf serta tubuh terpelihara agar tetap segar dan sehat. Tidak lupa berdoa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tidurlah dalam kamar yang udaranya bersih, suasana tenang, dan cahaya lampu remang-remang (tidak terang benderang). Sebaiknya tungkai diletakkan agak sedikit tinggi agar memperlancar peredaran darah di anggota gerak bawah.

3. Berolahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang mudah untuk dilakukan, tetapi juga ada banyak orang yang sering mengabaikannya. Padahal olahraga ini merupakan kegiatan yang bisa menyehatkan tubuh kita. Apabila kita berolahraga secara teratur, maka banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita seperti daya tahan tubuh meningkat, bisa menguatkan tulang-tulang, menurunkan lemak pada tubuh, mengurangi stres, menambah kebugaran jasmani dan masih banyak lagi. Kesehatan tubuh kita tidak hanya tergantung dari jenis makanan yang kita konsumsi, tetapi juga dari kegiatan olahraga atau kegiatan fisik yang kita lakukan. Dengan berolahraga secara teratur dapat memelihara jantung, peredaran darah, dan frekuensi nadi. Macam-macam olahraga yang dapat kita lakukan antara lain bersepeda, lari, berenang, dan senam. Di dalam olahraga ini cukup dengan berlari-lari di tempat dan menggerakkan otot-otot kaki, tangan, perut, dan leher. Sambil menghirup udara pagi yang segar kita selalu melakukan olahraga pagi setiap pagi. Di dalam olahraga ini biasanya cukup dengan waktu sepuluh sampai dengan lima belas menit.

4. Menjaga Pola Makan

Anda pasti sering mendengar istilah “You are what you eat!”, yang artinya kamu adalah apa yang kamu makan. Istilah “GIGO” dalam dunia IT dari sisi positif yakni “Gold in Gold out” atau dari sisi negatifnya “Gerbage in Gerbage out”.Jika yang di-input adalah emas maka yang keluar adalah emas, tapi jika yang di-input adalah sampah maka yang keluar adalah sampah pula. Begitu pula dengan tubuh, jika tubuh mengonsumsi makanan/minuman yang tidak bergizi maka akan menyebabkan berbagai penyakit bermunculan. Sedangkan jika mengonsumsi makanan atau minuman yang menyehatkan maka akan berdampak baik untuk tubuh. Jika ingin sehat penuhilah syarat 4 sehat 5 sempurna. Kurangilah konsumsi terhadap junk food, minuman bersoda, makanan berkolesterol tinggi, minuman beralkohol, makanan dan minuman yang memakai bahan pengawet, dan berbagai jenis makanan/minuman lainnya yang berdampak negatif untuk tubuh. Makanlah makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan. Jangan makan secara berlebihan karena walaupun apa yang dimakan adalah makanan yang bergizi tapi jika mengonsumsinya secara berlebihan maka dapat menimbulkan berbagai penyakit.

5. Menciptakan Lingkungan yang Sehat

Kebersihan adalah faktor utama yang menunjang kesehatan, jika kurang memperhatikan kebersihan baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan maka akan sangat mudah penyakit bersarang pada tubuh. Salah satu cara menjaga kebersihan adalah dengan mencuci tangan. Sangat wajib hukumnya mencuci tangan sebelum makan, agar kuman yang menempel di tangan tidak menempel di makanan. Membersihkan seluruh isi rumah juga sangat penting karena bukan kesehatan saja yang harus dijaga, kesehatan seluruh anggota keluarga juga harus dijaga. Apabila kita ingin menikmati kesehatan yang sesungguhnya maka kita juga harus memperhatikan lingkungan kita yang harus kita jaga. Lingkungan yang perlu kita jaga adalah, air, tanah, udara, iklim, tumbuhan dan lain sebagainya. Apabila kita hidup dilingkungan yang tidak baik seperti berkumpul dengan orang yang perokok, lingkungan yang penuh dengan sampah, banyak terkena asap mobil dan lain-lain. Dengan lingkungan yang tidak baik, juga akan bisa memicu kesehatan kita.

6. Minum Air Putih yang Cukup

Kita cukup mengenal akan banyak manfaat minum air putih bagi kesehatan. Kesehatan telah menganjurkan untuk kita mengonsumsi air putih dalam seharinya adalah tidak kurang dari 8 gelas. Air putih ini sangat baik untuk membersihkan serta memperbaiki dan menjaga kesehatan pencernaan kita. Serta kandungan nutrisi, oksigen dalam air baik untuk kelancaran peredaran darah kita.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Pola Hidup Sehat adalah bentuk perwujudan orientasi hidup sehat dalam budaya perorangan, keluarga, dan masyarakat, yang bertujuan untuk meningkatkan, memelihara, dan melindungi kesehatannya baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial. Perilaku hidup bersih dan sehat bertujuan memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, kelompok, keluarga, dengan membuka jalur komunikasi, informasi, dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, serta perilaku sehingga masyarakat sadar, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat. Melalui pola hidup sehat diharapkan masyarakat dapat mengenali dan mengatasi masalah sendiri dan dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dengan menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatannya.

Manfaat hidup sehat secara umum adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mau dan mampu menjalankan hidup bersih dan sehat. Hal tersebut menjadi penting untuk dilakukan agar masyarakat sadar dan dapat mencegah serta mengantisipasi atau menanggulangi masalah-masalah kesehatan yang mungkin muncul. Selain itu, dengan menerapkan dan mempraktikkan hidup sehat diharapkan masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup. Dalam implementasinya, kebermanfaatan hidup sehat ini dapat diterapkan di berbagai area, seperti sekolah, tempat kerja, rumah tangga, dan masyarakat.

B. Saran

Penerapan budaya pola hidup bersih dan sehat harus menjadi kebiasaan utama di lingkungan rumah tangga. Rumah tangga menjadi pilar utama, karena semua kegiatan sebagian besar berada di dalam rumah.

DAFTAR PUSTAKA

Adliyani, Nur. 2015. Pengaruh Perilaku terhadap Hidup Sehat. Majority. 4(7). Lampung: University Lampung.

Andriani, M., Wiratmadi, B. 2012. Pengantar Gizi Masyarakat. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Arnawa. 2013. Gizi Rumah Tangga dan Pengolahan Makanan. Medan: SCCP.

Chandra, Budiman. 2007. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat. 2007. Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Grafindo.

Depkes RI. 2009. Panduan Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Rumah Tangga. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Depkes RI. 2006. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga. Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan Depkes RI.

Depkes RI. 2007. Rumah Tangga Sehat dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan.

Depkes RI. 2008. Pedoman Pengelolaan Promosi Kesehatan dalam Pencapaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Download Contoh Makalah Pola Hidup Sehat.docx

MOHON MATIKAN AD BLOCK
TERIMA KASIH