Teks Deskripsi

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya, penyusunan makalah Teks Deskripsi ini dapat terselesaikan dengan cukup baik.

Dalam penyelesaian makalah tentang Teks Deskripsi ini, kami banyak mengalami kesulitan, terutama disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan yang menunjang. Namun, berkat bimbingan dan bantuan dari pihak lain, akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Karena itu, sudah sepantasnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada kami setiap saat.

Kami sadar, sebagai seorang pelajar yang masih dalam proses pembelajaran, penulisan makalah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat positif, guna penulisan makalah yang lebih baik lagi. Harapan kami, semoga makalah yang sederhana ini dapat berguna bagi kita semua.

Indonesia, Maret 2021

Penyusun

DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Deskripsi adalah satu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri. Dalam keilmuan, deskripsi diperlukan agar peneliti tidak melupakan pengalamannya dan agar pengalaman tersebut dapat dibandingkan dengan pengalaman peneliti lain. Sehingga mudah untuk dilakukan pemeriksaan dan kontrol terhadap deskripsi tersebut.

Pada umumnya deskripsi menegaskan sesuatu, seperti apa sesuatu itu kelihatannya, bagaimana bunyinya, bagaimana rasanya, dan sebagainya. Deskripsi yang detail diciptakan dan dipakai dalam disiplin ilmu sebagai istilah teknik. Saat data yang dikumpulkan, deskripsi, analisis, dan kesimpulannya lebih disajikan dalam angka-angka maka hal ini dinamakan penelitian kuantitatif. Sebaliknya, apabila data, deskripsi, dan analisis kesimpulannya disajikan dalam uraian kata-kata maka dinamakan penelitian kualitatif.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, penyusun merumuskan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai berikut:

  1. Apa pengertian teks deskripsi?
  2. Apa tujuan dari teks deskripsi?
  3. Apa saja ciri-ciri dan jenis-jenis teks deskripsi?
  4. Bagaimana struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi?
  5. Bagaimana isi dan contoh teks deskripsi?

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Teks Deskripsi

Kata deskripsi berasal dari kata latin decribere yang berarti menggambarkan atau memberikan suatu hal. Dari segi istilah, deskripsi adalah suatu bentuk karangan yang melukiskan dan menggambarkan sesuatu sesuai dengan keadaan sebenarnya. Sehingga pembaca dapat mencitra (mendengar, melihat, mencium, dan merasakan) apa yang dilukiskan itu sesuai dengan citra penulisnya. Maksudnya, penulis ingin menyampaikan kesan-kesan tentang sesuatu, dengan sifat dan gerak-geriknya. Deskripsi adalah satu teknik menulis menggunakan gambar dengan tujuan membuat pembaca seakan-akan berada di tempat kejadian, ikut merasakan, mengalami, melihat dan mendengar mengenai satu peristiwa atau adegan. Menulis deskripsi bisa membuat karakter yang digambarkan lebih hidup gambarannya di benak pembaca.

Teks deskriptif yaitu teks yang menjelaskan gambaran seseorang atau benda. Tujuannya adalah untuk menggambarkan atau mengungkapkan orang, tempat atau benda tertentu. Kalimat deskripsi adalah kalimat yang dapat berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan.

Dalam penulisan deskripsi ada satu kesan dominan yang jelas. Misalnya kalau kita ingin menjelaskan mengenai materi hidup di masyarakat, penting kita memilih dan memberi tahu kepada siswa tentang hidup gotong royong atau membuang sampah sembarangan. Kita harus memilih satu kesan dominan itu, tidak bisa dua-duanya. Kesan dominan ini akan memandu kita memilih gambar dan ketika disusun dalam kalimat akan menjadi jernih bagi pembaca.

B. Tujuan Teks Deskripsi

Tujuan umum teks deskripsi adalah agar sang pembaca bisa membayangkan atau seolah-olah merasakan atau melihat (intinya ikut merasakan pancaindra mereka) ke dalam wacana yang disuguhkan. Selain itu, ada pula tujuan-tujuan yang lebih spesifik. Berikut ini adalah tujuan dari karangan teks:

1. Pemberian Arahan

Adanya pemberian petunjuk kepada seperti di bawah ini.

  • Bagaimana cara menjalankan mesin.
  • Menggunakan obat.
  • Meminum obat.
  • Bagaimana merangkai bunga.

2. Penjelasan Akan Suatu Hal

Mendeskripsikan akan suatu hal yang mesti diketahui oleh orang lain. Contohnya adalah di bawah ini.

  • Deskripsi pentingnya renang.
  • Deskripsi akan lingkungan mesti lestari.

3. Penceritaan Peristiwa

Pemberian informasi akan sesuatu yang terjadi di sebuah lokasi pada waktu tertentu.

4. Rangkuman

Adanya pembuatan tulisan yang diringkas agar menjadi lebih singkat. Contohnya adalah dari sebuah buku menjadi selembar kertas dengan tidak menghilangkan inti dari tulisan utama.

C. Ciri-ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki ciri yang dapat membantu kita dalam mengenali jenis dari sebuah teks merupakan teks deskripsi. Berikut di bawah ini terdapat beberapa ciri dari teks deskripsi:

  1. Berisikan penggambaran atau penjelasan suatu objek.
  2. Penggambaran atau penjelasan suatu objek yang menjadi topik dituliskan secara detail. Artinya penjelasan atau penggambaran di dalam teks deskripsi akan membuat pembacanya mengerti secara jelas dengan apa yang dijelaskan dalam teks tersebut.
  3. Ketika pembaca membaca teks deskripsi, pembaca seolah-olah merasakan, melihat, atau mengalami secara langsung apa yang sedang dibicarakan pada teks tersebut.
  4. Teks deskripsi berisikan paragraf yang menjelaskan suatu objek berdasarkan warna, bentuk, ukuran, dan ciri-ciri fisik maupun psikis objek tersebut dengan sangat detail.

D. Jenis-jenis Teks Deskripsi

1. Deskripsi Orang

a. Deskripsi Keadaan Fisik

Deskripsi fisik bertujuan memberi gambaran yang sejelas-jelasnya tentang keadaan tubuh seseorang. Biasanya deskripsinya banyak bersifat objektif.

b. Deskripsi Keadaan Sekitar

Deskripsi keadaan sekitar adalah penggambaran keadaan yang mengelilingi sang tokoh, misalnya penggambaran aktivitas-aktivitasnya yang dilakukan, pekerjaan atau tempat kediaman, dan kendaraan, yang ikut menggambarkan watak seseorang.

c. Deskripsi Watak atau Tingkah Perbuatan

Deskripsi watak atau tingkah perbuatan adalah penggambaran watak (karakter) seorang tokoh yang biasanya melalui penggambaran tingkah perbuatannya.

d. Deskripsi Gagasan-gagasan Tokoh

Deskripsi ini tidak dapat diserap oleh pancaindra, tetapi unsur fisik mempunyai hubungan yang sangat erat. Pancaran wajah, pandangan mata, gerak bibir, dan gerak tubuh merupakan petunjuk tentang keadaan perasaan seseorang pada waktu itu.

2. Deskripsi Tempat

Tidak ada peristiwa yang terlepas dari lingkungan dan tempat. Semua kisah akan selalu mempunyai latar belakang tempat. Jalannya sebuah peristiwa akan lebih menarik jika dikaitkan dengan tempat terjadinya peristiwa. Memang, tempat memegang peranan yang sangat penting.

Dalam menyusun rincian suatu tempat hendaknya mengikuti cara yang logis agar apa yang kita lukiskan menjadi lebih jelas. Selain itu, kita pun harus pandai memilih dan memilah detail-detail dari suatu tempat yang dideskripsikan. Sehingga detail-detail yang dipilih betul-betul mempunyai hubungan. Dalam memilih cara yang paling baik untuk melukiskan tempat perlu mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

a. Suasana Hati

Suasana hati yang menonjol untuk dijadikan landasan, suasana hati yang menguasai pikiran pengarang pada waktu itu. Mungkin perasaan pengarang seluruhnya yang mempengaruhi penyerapannya dan mengabaikan kenyataan fisik. Mungkin juga penyerapan itu dilakukan dengan cermat dan berdasarkan fakta, sehingga akan menghasilkan deskriptif subjektif atau deskripsi objektif.

b. Bagian yang Relevan

Memilih detail-detail yang relevan untuk dapat menggambarkan suasana hati.

c. Urutan Penyajian

Menetapkan urutan yang paling baik dalam menampilkan detail-detail yang dipilih.

E. Struktur Teks Deskripsi

Struktur teks adalah bagian-bagian terpisah yang membangun sebuah teks hingga menjadi sebuah teks yang utuh. Adapun struktur teks pada teks deskripsi di antaranya yaitu identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi bagian. Untuk lebih jelasnya kalian dapat melihatnya di bawah ini.

  1. Identifikasi, merupakan penentu (penetap) identitas seseorang, benda, dan sebagainya.
  2. Klasifikasi, merupakan penyusunan bersistem dalam kelompok menurut kaidah atau standar yang telah ditetapkan.
  3. Deskripsi bagian, merupakan bagian teks yang berisi tentang gambaran-gambaran bagian di dalam teks tersebut.

F. Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

  1. Teks deskripsi menggunakan kata benda sesuai topik yang ingin dideskripsikan. Misalnya, rumah, sekolah, teman saya, guruku, dan sebagainya.
  2. Teks deskripsi menggunakan frase yang mengandung kata benda. Misalnya, beliau adalah seorang kepala sekolah baik hati, dan sebagainya.
  3. Teks deskripsi mengandung kata sifat yang bersifat menggambarkan. Misalnya, dua sepatu hitam, satu siswa rajin, dan sebagainya.
  4. Teks deskripsi mengandung kata kerja transitif untuk memberikan informasi subjek. Misalnya, siswa itu memakai baju seragam putih biru, dan sebagainya.
  5. Teks deskripsi mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek. Misalnya, saya pikir itu adalah kucing pintar, saya meyakini buku itu mahal, dan sebagainya.
  6. Teks deskripsi mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan tentang objek. Misalnya, dengan cepat, di sekolah, di rumah, dan sebagainya.
  7. Teks deskripsi mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora. Misalnya, kulitnya putih seperti sagu, dan sebagainya.

G. Isi Teks Deskripsi

Dalam teks deskripsi, penulis berusaha memindahkan kesan/persepsi, hasil observasi dan kata hatinya kepada pembaca dengan menyampaikan sifat dan semua perincian yang dapat ditemukan pada objek yang diamati. Dengan istilah lain, melalui teks/paragraf deskripsi, penulis berusaha menciptakan sensasi/impresi indra pembaca dalam rangka menghasilkan kesan berdasarkan daya nalar dan imajinasinya.

H. Contoh Teks Deskripsi

Kelinci

Kelinci adalah hewan yang umum dijumpai di peternakan, masyarakat Indonesia sendiri telah mengenal kelinci sejak abad 18. Pada tahun 1972 ditemukanlah kelinci lucu yang pertama di Indonesia tepatnya di pulau Sumatra. Kelinci tergolong ke dalam kelas mamalia yang artinya memiliki darah panas yang mana berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan. Dalam sekali berkembang biak kelinci dapat menghasilkan 4 ekor anak sekaligus. Keistimewaan dari kelinci adalah gigi mereka akan terus tumbuh selama mereka masih hidup.

Sebenarnya kelinci dapat ditemukan di berbagai belahan dunia seperti di benua Eropa dan Afrika, Hewan lucu nan menggemaskan ini memiliki habitat dan tempat tinggal di hutan hujan dan sabana. Namun pada abad ini kelinci juga sudah mulai dibudidayakan untuk diambil manfaatnya. Secara umum kelinci dapat dibagi menjadi dua jenis yakni, kelinci liar dan kelinci hias atau peliharaan. Sedangkan menurut rasnya kelinci dapat dibagi menjadi berbagai jenis seperti anggora, marmot, dan lain sebagainya.

Sekarang ini banyak yang berternak kelinci untuk diambil dagingnya, teksturnya yang lembut dan juga gurih menjadikan daging kelinci sangat enak untuk dimasak sebagai sate. Kelinci-kelinci pedaging sekarang juga sudah beredar luas di pasaran mulai dari pasar lokal sampai internasional. Di Indonesia sendiri banyak ditemukan kelinci lokal seperti kelinci Sumatera dan kelinci Jawa. Kelinci Jawa banyak ditemukan di hutan-hutan di sekitar Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan ciri-ciri bulu coklat kehitaman. Sedangkan kelinci Sumatera dapat ditemukan dengan ciri-ciri bulu coklat kekuningan.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Teks deskriptif adalah teks yang menjelaskan gambaran seseorang atau benda. Tujuannya adalah untuk menggambarkan atau mengungkapkan orang, tempat atau benda tertentu. Kalimat deskripsi adalah kalimat yang dapat berisi gambaran sifat- sifat benda yang dideskripsikan. Tujuan umum teks deskripsi adalah agar sang pembaca bisa membayangkan atau seolah-olah merasakan atau melihat (intinya ikut merasakan pancaindra mereka) ke dalam wacana yang disuguhkan.

Teks deskripsi memiliki ciri yang dapat membantu kita dalam mengenali jenis dari sebuah teks merupakan teks deskripsi. Struktur teks adalah bagian-bagian terpisah yang membangun sebuah teks hingga menjadi sebuah teks yang utuh. Adapun struktur teks pada teks deskripsi di antaranya yaitu identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi bagian. Dalam teks deskripsi, penulis berusaha memindahkan kesan/persepsi, hasil observasi dan kata hatinya kepada pembaca dengan menyampaikan sifat dan semua perincian yang dapat ditemukan pada objek yang diamati.

B. Saran

Dengan disusunya makalah ini diharapkan para siswa dapat memahami dan mengerti tentang teks deskripsi.

DAFTAR PUSTAKA

http://materi4belajar.blogspot.co.id/2016/04/teks-deskripsi-pengertian-dan-contoh.html

http://www.kelasindonesia.com/2015/03/pengertian-ciri-dan-contoh-teks-deskripsi-lengkap.html

http://www.materikelas.com/2016/03/teks-deskripsi-pengertian-struktur-dan.html

http://www.yuksinau.com/2016/07/teks-deskripsi-pengertian-struktur-contoh.html

https://inirumahpintar.blogspot.com/2016/08/pengertian-isi-ciri-struktur-kaidah-kebahasaan-teks-deskripsi.html

Makalah Terkait:

Download Contoh Makalah Teks Deskripsi.docx

MOHON MATIKAN AD BLOCK
TERIMA KASIH