Input, Output, dan Process Device

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah SWT karena atas taufik dan rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat serta salam senantiasa kita sanjungkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, serta semua umatnya hingga kini. Dan semoga kita termasuk dari golongan yang kelak mendapatkan syafaatnya.

Dalam kesempatan ini, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkenan membantu pada tahap penyusunan hingga selesainya makalah ini. Harapan kami semoga makalah yang telah tersusun ini dapat bermanfaat sebagai salah satu rujukan maupun pedoman bagi para pembaca, menambah wawasan serta pengalaman, sehingga nantinya saya dapat memperbaiki bentuk ataupun isi makalah ini menjadi lebih baik lagi.

Kami sadar bahwa kami ini tentunya tidak lepas dari banyaknya kekurangan, baik dari aspek kualitas maupun kuantitas dari bahan penelitian yang dipaparkan. Semua ini murni didasari oleh keterbatasan yang dimiliki kami. Oleh sebab itu, kami membutuhkan kritik dan saran kepada segenap pembaca yang bersifat membangun untuk lebih meningkatkan kualitas di kemudian hari.

Indonesia, Februari 2021

Penyusun

DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pada masa sekarang ini komputer merupakan suatu alat elektronik yang sangat berguna membantu berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu komputer dapat dijadikan sebagai alat untuk membantu dalam kegiatan medis misalnya operasi baik kecil maupun besar. Komputer di zaman modern seperti sekarang ini tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan masyarakat, sebab komputer sudah menjadi sendi dalam melakukan berbagai aktivitas.

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah:

  1. Apa yang dimaksud dengan input device?
  2. Apa yang dimaksud dengan process device?
  3. Apa yang dimaksud dengan ouput device?

C. Tujuan

  1. Untuk mengetahui pengertian dan contoh input device.
  2. Untuk mengetahui pengertian dan contoh process device.
  3. Untuk mengetahui pengertian dan contoh ouput device.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Input Device

Peranti masukan (input device) adalah semua periferal (perangkat keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer. Peranti masukan dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal: (1) cara masukan, misalnya melalui gerak mekanis atau audio; (2) masukan disket (tekanan tombol) atau kontinu (posisi tetikus); serta (3) derajat kebebasan gerakan, misalnya dua dimensi pada tetikus standar dan tiga dimensi pada navigator untuk aplikasi CAD. Jenis peranti masukan utama antara lain adalah papan ketik, peranti penunjuk, pemindai, perangkat masukan video (kamera, dll.), serta perangkat masukan audio (mikrofon, dll.).

1. Keyboard

Berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan.

2. Mouse

Berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat serta mengatur posisi kursor di layar.

3. Scanner

Berfungsi untuk mengopi atau menyalin gambar atau teks yang kendian disimpan dalam memori komputer.

4. Joystick

Berfungsi sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

5. Microphone

Berfungsi untuk merekam suara yang akan disimpan dalam memori komputer, selain itu kita juga dapat berbicara dengan orang lain pada saat chatting. Headphone berfungsi untuk mendengarkan suara.

B. Process Device

Process device adalah perangkat yang berfungsi mengolah data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi (output) ke peralatan output.

1. Processor

Berfungsi sebagai pengolah data serta membaca instruksi dari memori tentang apa yang harus dilakukan dan mengeksekusinya.

2. ALU (Arithmetic Logical Unit)

Berfungsi untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika.

3. CU (Control Unit)

Berfungsi untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan.

4. Motherboard

Berfungsi sebagai pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya serta mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.

5. RAM (Random Access Memory)

Berfungsi untuk menyimpan data dan instruksi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah perintah.

C. Output Device

Output device atau biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahan data.

1. Monitor

Berfungsi menampilkan teks dan/atau gambar, baik diam atau bergerak, yang dijalankan oleh komputer dan diproseskan oleh grafik.

2. Printer

Berfungsi Untuk mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.

3. Speaker

Berfungsi memberikan informasi dalam bentuk suara.

4. Proyektor

Berfungsi menampilkan bayangan sebuah gambar positif yang dapat ditembus cahaya.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Mempelajari dasar-dasar komputer adalah sesuatu yang utama dan penting. Oleh sebab itu semua harus menyadari tentang hal ini, untuk mengetahui komponen-komponen apa saja yang ada pada unit komputer sehingga kita pun dapat mengoperasikan komputer dengan baik dan benar.

Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa di komputer terdapat berbagai jenis perangkat keras (hardware) yang sangat menunjang kerja sistem komputer. Perangkat keras bagi komputer merupakan sesuatu yang sangat penting misalnya CPU, tanpa CPU maka komputer tidak dapat melakukan operasi sebagaimana mestinya.

B. Saran

Seperti yang telah disampaikan di muka bahwa semua orang harus menyadari dan meyakini akan keutamaan dan pentingnya teknologi dan informatika, terutama bagi kalangan pelajar. Karena begitu besar keutamaan dan pentingnya teknologi dan informatika, maka hendaknya kita tidak berhenti begitu saja dalam mempelajarinya.

DAFTAR PUSTAKA

Jogiyanto, H.M. 1995. Pengenalan Komputer. Yogyakarta: Andi Offset

Jogiyanto, H.M. 2003. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset

Kadir., A. dan Terra C. Triwahyuni. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: Andi Offset

Minhas, Gurvinder dan Davinder Singh. 2003. Computer Science: Information Technology. New Delhi: Dream Land Publications.

Proses (Komputasi) – Wikipedia Bahasa Indonesia

Peranti Masukan – Wikipedia Bahasa Indonesia

Peranti Keluaran – Wikipedia Bahasa Indonesia

Download Contoh Makalah Input, Output, dan Process Device.docx

MOHON MATIKAN AD BLOCK
TERIMA KASIH