Makalah Perkembangan Teknologi di Zaman Sekarang

KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun ucapkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga Makalah Perkembangan Teknologi di Zaman Sekarang ini dapat diselesaikan dengan baik. Tidak lupa shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Rasulullah Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, dan kepada kita selaku umatnya.

Makalah ini kami buat untuk melengkapi tugas mata pelajaran . Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Makalah Perkembangan Teknologi di Zaman Sekarang ini. Dan kami juga menyadari pentingnya akan sumber bacaan dan referensi internet yang telah membantu dalam memberikan informasi yang akan menjadi bahan makalah.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan arahan serta bimbingannya selama ini sehingga penyusunan makalah dapat dibuat dengan sebaik-baiknya. Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan Makalah Perkembangan Teknologi di Zaman Sekarang ini sehingga kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi penyempurnaan makalah ini.

Kami mohon maaf jika di dalam makalah ini terdapat banyak kesalahan dan kekurangan, karena kesempurnaan hanya milik Yang Maha Kuasa yaitu Allah SWT, dan kekurangan pasti milik kita sebagai manusia. Semoga Makalah Perkembangan Teknologi di Zaman Sekarang ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya.

Indonesia, Desember 2021

Penyusun

DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Teknologi adalah sebuah produk yang dihasilkan oleh manusia dengan manfaat dan kegunaan untuk menjadikan kehidupan manusia lebih mudah, lebih maju, dan modern. Dengan adanya pembaharuan dari waktu ke waktu teknologi terus memperlihatkan kecanggihan dan kehebatannya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mendukung aktivitas sehari-hari mereka serta membantu manusia untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Dengan adanya teknologi yang mutakhir manusia dapat memanfaatkan teknologi untuk berbagi macam hal yang sifatnya positif. Seperti halnya teknologi web, kecanggihan teknologi web dapat dimanfaatkan untuk mencari sumber informasi secara online hanya dalam hitungan detik. Kehadiran teknologi web tentunya dapat memberikan sekian banyak kemudahan bagi manusia dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Namun juga memiliki dampak positif dan negatif terhadap kehidupan, salah satunya yang menonjol adalah di bidang pendidikan.

Setiap individu sebenarnya dituntut untuk bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk hal-hal yang sifatnya membangun. Adalah sebuah kesalahan dan kondisi yang sangat disayangkan ketika kecanggihan teknologi yang sudah luar biasa seperti sekarang ini tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk mendukung aktivitas-aktivitas yang berguna dan memberikan manfaat tersendiri bagi kehidupan orang tersebut.

Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal. kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi yang baik berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contohnya dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbankan dan lain-lain.

Kecanggihan teknologi harus dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin dan digunakan secara positif, karena pada dasarnya teknologi itu sendiri diciptakan untuk mempermudah berbagai macam aktivitas atau pekerjaan manusia, namun dalam teknologi itu sendiri merupakan tanggung jawab yang harus dipikul oleh siapa saja yang masih menggunakan atau membutuhkan pendidikan dan ilmu sebagai proses pembelajaran dan menaruh peduli terhadap perkembangan dan masa depan generasi bangsa ini.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang akan dibahas di dalam makalah tentang ini adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana sejarah perkembangan teknologi?
  2. Bagaimana kemajuan teknologi di zaman sekarang?
  3. Bagaimana pengaruh perkembangan teknologi?
  4. Bagaimana pengaruh perkembangan teknologi terhadap ekonomi?
  5. Bagaimana pengaruh perkembangan teknologi terhadap politik?
  6. Apa dampak perkembangan teknologi terhadap sosial budaya?

C. Tujuan

Adapun tujuan dalam penulisan makalah tentang ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui sejarah perkembangan teknologi.
  2. Untuk mengetahui kemajuan teknologi di zaman sekarang.
  3. Untuk mengetahui pengaruh perkembangan teknologi.
  4. Untuk mengetahui pengaruh perkembangan teknologi terhadap ekonomi.
  5. Untuk mengetahui pengaruh perkembangan teknologi terhadap politik.
  6. Untuk mengetahui dampak perkembangan teknologi terhadap sosial budaya.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Sejarah Perkembangan Teknologi

Inovasi terus berkembang selama Abad Pertengahan dengan penemuan seperti sutera, tali kerah kuda dan ladam dalam beberapa ratus tahun pertama setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi. Teknologi abad pertengahan menggunakan mesin sederhana (seperti tuas, baut, dan katrol) yang digabungkan untuk membentuk peralatan lain yang lebih kompleks, seperti gerobak dorong, kincir angin dan jam dinding. Pada zaman Renaisans ditemukan mesin cetak yang memungkinkan dokumentasi pengetahuan lebih luas dan teknologi pun semakin berkaitan dengan sains. Kemajuan teknologi pada abad ini memungkinkan cadangan makanan dan barang yang lebih stabil.

Dimulai di Inggris pada abad ke-18, Revolusi Industri merupakan periode penemuan teknologi-teknologi baru, terutama dalam bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, metalurgi, dan transportasi yang digerakkan oleh penemuan tenaga uap. Teknologi naik ke babak berikutnya melalui revolusi industri kedua dengan penemuan listrik dan turunannya seperti motor listrik, lampu pijar, dan lain-lain. Kemajuan sains dan penemuan konsep baru memungkinkan adanya penerbangan dan kemajuan dalam bidang kedokteran, kimia, fisika, dan teknik. Selain itu juga memungkinkan pembangunan gedung pencakar langit dan kawasan urban yang penduduknya bergantung pada motor sebagai transportasi. Komunikasi juga berkembang dengan penemuan telegraf, telepon, radio dan televisi. Di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, pada bidang transportasi ditemukan pesawat dan mobil.

Pada abad ke-20, semakin banyak penemuan baru. Dalam bidang fisika, ditemukannya fisi nuklir memicu penemuan senjata nuklir dan tenaga nuklir. Komputer juga ditemukan dan semakin mengecil ukurannya berkat transistor dan sirkuit terintegrasi. Teknologi informasi mengarah pada penemuan Internet, sehingga saat ini dikenal sebagai Era Informasi. Manusia juga dapat menjelajah luar angkasa dengan satelit (nantinya digunakan untuk telekomunikasi) dan misi mengirim manusia ke bulan. Dalam bidang kedokteran, ditemukan prosedur operasi jantung dan terapi sel induk dan penemuan berbagai obat-obatan baru.

Teknik manufaktur dan konstruksi yang kompleks diperlukan untuk membuat dan menjaga seluruh teknologi baru ini. Mereka juga tidak lupa untuk mendukung dan mengembangkan generasi terbaru sehingga muncul peralatan lebih kompleks. Teknologi modern sangat bergantung pada pelatihan dan pendidikan desainer, pembuat, perawatan, dan pemakainya sering kali membutuhkan pengetahuan dan pelatihan tertentu.

B. Kemajuan Teknologi di Zaman Sekarang

Tak dapat dimungkiri jika kemajuan teknologi masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Dari hingga yang sederhana, hingga yang menghebohkan dunia. Sebenarnya Teknologi sudah ada sejak zaman dahulu, yaitu zaman romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis, dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan objek-objek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien, dan cepat. Dalam bentuk yang paling sederhana, kemajuan teknologi dihasilkan dari pengembangan cara-cara lama atau penemuan metode baru dalam menyelesaikan tugas-tugas tradisional seperti bercocok tanam, membuat baju, atau membangun rumah. Ada tiga klasifikasi dasar dari kemajuan teknologi yaitu:

  1. Kemajuan teknologi yang bersifat netral (neutral technological progress). Terjadi bila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan (input) yang sama.
  2. Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja (labor-saving technological progress). Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan.
  3. Kemajuan teknologi yang hemat modal (capital-saving technological progress). Fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi, dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya.

Pengalaman di berbagai negara berkembang menunjukkan bahwa adanya campur tangan langsung secara berlebihan, terutama berupa peraturan pemerintah yang terlampau ketat, dalam pasar teknologi asing justru menghambat arus teknologi asing ke negara-negara berkembang. Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia zaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia. Di banyak belahan masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer, dan masih banyak lagi.

Di lain pihak suatu kebijaksanaan ‘pintu yang lama sekali terbuka’ terhadap arus teknologi asing, terutama dalam bentuk penanaman modal asing (PMA), justru menghambat kemandirian yang lebih besar dalam proses pengembangan kemampuan teknologi negara berkembang karena ketergantungan yang terlampau besar pada pihak investor asing, karena merekalah yang melakukan segala upaya teknologi yang sulit, dan rumit.

Ini menjadi bukti bahwa memang teknologi sudah menjadi kebutuhan, dan merata di setiap sektor kehidupan manusia. Terlebih setelah adanya penemuan komputer, dan laptop, yang sekarang hampir semua pekerjaan manusia memiliki hubungan dengan komputer ataupun laptop. Sehingga pantas jika komputer adalah penemuan yang paling mutakhir, dan yang paling berpengaruh pada kehidupan manusia.

C. Pengaruh Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi gaya hidup yang semakin mencolok. Dikarenakan perkembangan teknologi mempengaruhi model berkomunikasi massa untuk melakukan kegiatan hidup harian mungkin Dulu, internet dianggap sebagai sesuatu yang “wah” dan rumit bagi orang awam, namun sekarang bisa kita lihat sendiri faktanya seperti apa, internet telah menjadi sesuatu yang umum bagi banyak orang. Atau mungkin kita termasuk salah satu di antaranya yang mempunyai hampir semua akun di jejaring sosial, berinteraksi secara intensif dengan individu lain secara maya. dan sayangnya beberapa individu sekarang ini terlalu over dalam memandang atau menggunakan gadget miliknya kebanyakan dia tidak berpikir apa yang dilakukannya berdampak seperti apa. Di mana, pun dan ke mana pun individu tersebut berada, dia tidak akan lepas dengan handphonenya karena di era sekarang handphone sudah menjadi kebutuhan. Ditambah lagi sekarang ini sudah memasuki era smartphone, sehingga banyak yang bisa dilakukan dalam satu genggaman saja. menurut saya pribadi: mudahnya alat komunikasi di gunakan makin sulit jabat tangan di lakukan, tergantung bagaimana kita selaku konsumen bisa menyikapinya dengan cerdas, semua ada positif dan negatif tinggal pilih yang mana

D. Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Ekonomi

Di masa sekarang, kita semua pasti tahu bahwa kemajuan teknologi sangat pesat kemajuan ini tentunya membawa banyak perubahan terhadap kebudayaan di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi ini memang harus terjadi di Negara Indonesia ini, agar Negara Indonesia tidak kalah saing dengan Negara lain. Pesatnya perkembangan teknologi informasi ini memang membawa banyak pengaruh positif untuk manusia di dunia terutama di Indonesia. Beberapa pengaruh positif perkembangan teknologi informasi diantarnya:

  1. Pertukaran informasi berlangsung sangat cepat.
  2. Memudahkan pekerjaan manusia.
  3. Pekerjaan yang dilakukan seseorang menjadi lebih efektif dan efisien
  4. System pembelajaran tidak harus tatap muka dengan guru karena dengan kemajuan TIK khususnya Internet kita bisa melakukan V-class. Dan masih banyak yang lainnya.

Dari banyaknya pengaruh positif perkembangan teknologi informasi, tentunya akan menimbulkan juga dampak negatif. Dampak negatif yang akan dibahas ini adalah dampak bagi kebudayaan Indonesia.

1. Masuknya Budaya Asing yang tidak Baik untuk Anak Indonesia

Maksudnya kita tahu bahwa anak baru gede sangat cepat untuk menangkap informasi yang di dapatnya, jika informasi itu membawa pengaruh buruk untuk dirinya tentu itu tidak baik untuk dirinya sendiri dan orang lain. Tentunya disitu diperlukan pengawasan dari orang tua.

2. Lupa Akan Waktu

Sebagai mana kita tahu bahwa belakangan ini telah muncul banyak game online. Dari game online ini seseorang bisa saja lupa akan waktu dimana dia terlalu asyik akan game yang dimainkannya. Seperti lupa akan kewajibannya sebagai umat beragama, baik itu salat, mengaji dan lain-lain.

3. Merosotnya Nilai Moral

Kemerosotan nilai moral sangat mungkin sekali terjadi karena dari perkembangan teknologi informasi ini orang bisa cepat memperoleh informasi yang diinginkannya. Contohnya sekarang internet sudah tidak asing lagi di telinga. Dari internet ini seseorang bisa dengan mudahnya mengunduh film porno. Dari film porno ini kemerosotan nilai moral pun bisa terjadi di kalangan warga masyarakat, terutama kaula muda dan pelajar.

Dari wacana di atas kita bisa simpulkan bahwa dari banyaknya pengaruh positif dari teknologi informasi ternyata banyak pula pengaruh negatifnya. Untuk meminimalisasi pengaruh negatif itu tergantung pada diri kita sendiri. Di mana kita harus pintar-pintar memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini agar kebudayaan yang dari dulu kita anut, tidak rusak oleh dampak negatif dari teknologi informasi itu sendiri

E. Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Politik

Mungkin manfaat yang paling di rasakan teknologi kepada politik yaitu, penghitungan suara cepat melalui quik count, dengan sistematika baik yang terorganisir, hasil perhitungan ratusan juta itu bisa di prediksikan dengan waktu yang relatif cepat dan akurat, lalu penggunaan teknologi real time video conference, di mana pertemuan atau rapat bisa dilangsungkan di tempat dan waktu yang berbeda, dengan menggunakan teknologi video kamera, teknologi ini bisa meningkatkan efisiensi kerja para pejabat politik negara, namun entah karena alasan apa teknologi ini tidak bisa di maksimalkan dengan benar dan sekarang ini di Indonesia Beberapa partai politik memanfaatkan media televisi sebagai alat atau media untuk mempromosikan calon-calon yang ikut serta dalam Pemilihan Umum 2014 mendatang. Apalagi beberapa stasiun televisi yang ada di Indonesia dimiliki oleh tokoh-tokoh nomor satu di dalam partai politiknya masing-masing. Dalam waktu dekat ini di dalam pertelevisian masyarakat akan disajikan dengan segala informasi-informasi serta kegiatan yang di lakukan oleh partai politik. Seperti memberikan bantuan terhadap masyarakat yang tidak mampu dengan terjun langsung kelapangan. Namun ada yang unik dari persaingan ini.

F. Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Sosial Budaya

Perkembangan teknologi sudah merasuki budaya kita, yang tadinya masyarakat kita yang di kenal sebagai masyarakat yang ramah-tamah, senang, mengobrol, mengumpul bareng, nongkrong, gotong royong, basa basi, dll, kini mendadak berubah setelah mengenal jejaring sosial seperti, facebook, twiter dan lainya, dengan kemudahan handphone smartphone, membuat lingkungan menjadi apatis, atau acuh tak acuh, dengan lingkungan nyatanya, mereka lebih senang bercerita dan berani mengeluh di dunia maya di banding nyatanya, namun apapun itu pasti memiliki nilai positifnya, sekarang dalam kehidupan manusia, baik secara di sadari ataupun tidak disadari, manusia selalu berkomunikasi dengan hal-hal berikut (dirinya sendiri, orang lain, Tuhan, hewan dan alam semesta)zaman sekarang masyarakat tidak perlu lagi “ngumpul” untuk sekedar mengobrol atau bertukar cerita.

Melalui perkembangan teknologi, kegiatan komunikasi tetap bisa dilakukan dalam jarak sejauh apapun. Kita dapat mengobrol dan berkomunikasi dengan teman di luar kota atau luar negeri melalui telepon dan ponsel Selain itu, kita juga bisa melakukannya melalui messenger atau chatboard di internet. Canggihnya lagi, kita juga bisa bertatap muka dan seakan-akan berbicara langsung dengan orang di luar sana melalui Skype, Semakin maraknya situs jejaring sosial di internet juga mempengaruhi kehidupan sosial, kebiasaan, dan budaya masyarakat. namun apapun itu ada positif dan negatifnya, dampak teknologi dalam sosial budaya, seperti:

  1. Informasi yang diperoleh dapat langsung dipublikasikan dan diterima oleh banyak orang dengan cepat melalui media-media yang ada, setiap orang jadi bisa saling bertukar informasi satu sama lain.
  2. Memudahkan kita dalam belajar karena sudah banyak teknologi yang mendukung misalnya dengan adanya proyektor, LCD, mikroskop, dan lain-lain. Dimudahkan juga dalam mencari artikel-artikel dan menambah wawasan tentang banyak hal.
  3. Hubungan sosial antar masyarakat bisa berlangsung di mana saja dan kapan saja walaupun berjauhan dan berada dalam zona waktu yang berbeda tetap bisa berinteraksi, juga bisa menambah teman dari mancanegara.
  4. Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat sampai ke masyarakat, dengan adanya pemberitaan di radio, televisi, dan internet membuat masyarakat dengan mudah dan cepat mengetahui peraturan dan kebijakan pemerintah yang sudah atau baru dikeluarkan
  5. Masyarakat lebih memiliki rasa percaya diri yang tinggi, mereka berani tampil secara terbuka baik ke orang sudah dikenal maupun yang belum dikenalnya sama sekali mereka berani mengekspos pribadinya dengan memberi informasi-informasi yang sedang terjadi, baik yang penting atau tidak, saling berlomba-lomba untuk mendapat dan menyampaikan info terkini.
  6. Masyarakat dapat mempublikasikan kebudayaan yang dimiliki ke masyarakat luas untuk dipelajari dan dilestarikan, tidak hanya dalam satu negara, tetapi dapat juga antar negara.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Perkembangan teknologi di jaman sekarang ini sangatlah canggih dan pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi dimasa ini, dengan yang sederhana maupun yang menghebohkan dunia. Teknologi sudah ada sejak jaman dahulu, yaitu jaman romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang yang semakin canggih dan mendunia. Perkembangan teknologi semakin maju, dahulu yang handphone hanya digunakan untuk telepon dan SMS untuk sekedar menanya kabar, sekarang ini handphone tidak hanya bisa telepon dan SMS, akan tetapi di sekarang ini bisa juga menjadi sebuah komputer mini yang canggih, bisa menjadi tv juga dengan adanya smartphone.

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang di Dunia dengan pengaruh teknologi yang cukup besar yang sebagai konsumen teknologi negara lain. Agar Indonesia menjadi salah satu Negara maju dan tidak Negara berkembang lagi maka tingkat perkembangan teknologi di Indonesia haru ditingkatkan lagi daripada yang sebelumnya.

Saat ini teknologi menjadi peran utama bagi Masyarakat dengan tujuan membangun bangsa. Internet misalnya, di internet terdapat berbagai macam-macam pengetahuan yang luas dan jelas semuanya ada di dalam Internet, akan tetapi di Indonesia sekarang ini internet masih belum tahu penggunaan Internet yang sebenarnya, di Indonesia misalnya beberapa dari pengguna Internet hanya menggunakannya hanya untuk gaul-gaulan atau ngexsis melalui Internet, supaya dipuji canggih, hal itu karena situs jejaring sosial yang semakin diminati masyarakat Indonesia, baik anak-anak maupun sampai yang dewasa.

Internet mempunyai dampak positif yaitu, antara lain Informasi dan Pengetahuan yang tak terbatas bagi para pelajar, untuk bisnis bagi para wira usahawan, sebagai hiburan bagi mereka yang stres karena pekerjaan atau tugas yang menumpuk misalnya bermain game online, sebagai sarana komunikasi yang efisien, sebagai keperluan darurat dan lain-lain.

Di samping dampak positif di atas, Internet juga bisa menjadi dampak negatif bagi masyarakat, contohnya semua orang menjadi ketergantungan terhadap Internet yang menjadikan seseorang menjadi malas untuk berpikir, selain itu adanya situs-situs dewasa yang belum ada tindakan dari pemerintah untuk memblokir situs tersebut, belum lagi dampak lain yaitu cybercrime yaitu kejahatan yang terjadi di dunia maya. Akan tetapi itu sesuai pemakaian masing-masing, mau digunakan untuk positif atau negatifnya.

B. Saran

Agar semua itu tidak menjadi dampak negatif bagi anak-anak, anak-anak harus selalu mendapat pengawasan dari orang tuanya saat online dan juga sesuai kebutuhan..

DAFTAR PUSTAKA

https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi

https://daviahmad.weebly.com/perkembangan-teknologi.html

https://sites.google.com/site/escampur1002/perkembangan-teknologi

https://idcloudhost.com/bagaimana-perkembangan-teknologi-informasi-saat-ini/

https://si.ittelkom-pwt.ac.id/2018/03/03/perkembangan-teknologi-informasi-masa-kini/

Download Contoh Makalah Perkembangan Teknologi di Zaman Sekarang.docx

MOHON MATIKAN AD BLOCK
TERIMA KASIH